Cek Arah Kiblatmu Pukul 4 Sore!
http://www.detikNews.com


Jakarta – Tidak yakin dengan arah kiblat yang dipakai selama ini? Sore nanti pukul 16.18 WIB adalah saat yang tepat untuk membetulkan arah kiblat Anda.

Saat itu matahari akan berada tepat di atas Kabah di Makkah. Bayangan yang tampak pada saat itu tepat menuju arah Kabah.

“Jadi hari ini matahari akan berada tepat di atas Makkah pukul 16.18 WIB sore ini. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk menyempurnakan arah kiblat,” kata peneliti utama astronomi LAPAN, Thomas Djamaluddin kepada detikicom, Jumat (28/5/2010).

Thomas mengatakan bagi yang tidak berkesempatan mengukur arah kiblat pada sore nanti, masih ada kesempatan pada hari Sabtu dan Minggu di waktu yang sama dengan toleransi plus-minus 5 menit.

“Masih cukup akurat dua hari dari tanggal sekarang. Waktunya toleransi 5 menit sebelum dan sesudah bisa mulai pukul 16.13 sampai 16.23,” terangnya.

Bagi mereka yang berada di wilayah Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT) waktu pengukuran bisa menyesuaikan dengan perhitungan waktu WIB.

Menurutnya tidak perlu alat khusus untuk mengukur arah kiblat tersebut. Hanya saja untuk keakurasian pengukuran dia menyarankan untuk menggunakan benda tegap semisal tiang pancang atau tiang bendera untuk mengukur arah bayangan.

Iklan